Cari disini / searching.....

Selasa, 30 Desember 2014

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN

Dalam penelitian kuantitatif, instrument merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan pada penelitian tersebut pemerolehan data menjadi hal yang sangat krusial, dari data itulah nantinya yang akan dianalisis dan selanjutnya diambil kesimpulan. Proses pengukuran (pemberian nilai terhadap suatu variabel) sedapat mungkin harus dilakukan dengan sangat cermat. Oleh Karena itu factor ketersediaan instrument pengumpul data sangat penting untuk diperhatikan. Instrument tidak hanya harus tersedia, namun juga harus berada dalam kondisi optimal untuk benar-benar dapat dipakai sebagai alat pengumpul data. Semakin baik instrument yang dipersiapkan, maka semakin baik pula kualitas data yang akan diperoleh.
Berapa instrument yang dibutuhkan dalam penelitian? Jawaban dari pertanyaan ini tergantung pada berapa variabel (variabel bebas) yang ada. Misalnya, penelitian dengan judul “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XII SMA N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012”. Pada penelitian di atas, variabel bebasnya adalah pendekatan pembelajaran matematika dan motivasi belajar. Akibat yang dimunculkan dari variabel bebas ini adalah diperolehnya prestasi belajar matematika pada materi Bangun Ruang dan skor motivasi belajar matematika. Sehingga diperlukan instrument yang berupa: 1) soal tes bangun ruang untuk menjaring prestasi belajar matematika dan 2) angket untuk mendapatkan skor angket belajar matematika. Pada contoh lainnya, “Pengaruh Minat Dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah: 1) angket minat belajar dan 2) angket kreativitas belajar.
Semakin kompleks variabel penelitian yang digunakan, maka semakin banyak pula instrument yang diperlukan.



A.    Definisi Instrumen
Menurut Suharsimi Arikunto (2000:134), instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya.
Ibnu Hadjar (1996:160) berpendapat bahwa instrumen merupakan alat ukur yang digunakan untuk mendapatkan informasi kuantitatif tentang variasi karakteristik variabel secara objektif.
Instrumen pengumpul data menurut Sumadi Suryabrata (2008:52) adalah alat yang digunakan untuk merekam-pada umumnya secara kuantitatif-keadaan dan aktivitas atribut-atribut psikologis. Atibut-atribut psikologis itu secara teknis biasanya digolongkan menjadi atribut kognitif dan atribut non kognitif. Sumadi mengemukakan bahwa untuk atribut kognitif, perangsangnya adalah pertanyaan. Sedangkan untuk atribut non-kognitif, perangsangnya adalah pernyataan.
Dari beberapa pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa instrumen penelitian adalah alat bantu yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan informasi kuantitatif tentang variabel yang sedang diteliti.
B.     Proses Pengukuran
Dalam proses penelitian, pada langkah sebelumnya peneliti harus mampu mengidentifikasi dan member skala pada variabel penelitian yang digunakan. Proses ini akan membantu peneliti untuk lebih mudah dalam upaya penyusunan dan pengembangan instrument penelitiannya. Proses penyusunan instrument penelitian membutuhkan ketekunan dan ketelitian dari peneliti. Budiyono (2003: 45) mengatakan “Pengukuran penting bagi penelitian karena hanya dengan pengukuran itulah peneliti dapat menghubungkan konsep-konsepnya yang abstrak menjadi sesuatu yang menuju pada realitas”. Misalnya, IQ pada dasarnya adalah sesuatu yang bersifat abstrak, seseorang tidak bisa langsung menilai berapa tingkat (skor) IQ dari orang lain. Oleh karena itu diperlukan alat yang mampu mengukurnya, maka dibuatlah tes IQ. Dengan tes inilah dapat diketahui skor IQ seseorang. Sehingga konsep IQ yang tadinya abstrak menjadi suatu realita.
Budiyono (2003: 46) menyatakan bahwa “ Proses pengukuran meliputi empat tahap, yaitu: (1) menemukan sub-variabel, (2) menemukan indicator dari masing-masing sub-variabel, (3) menentukan banyak butir yang dikehendaki,(4) menyusun butir-butir pengukuran, (5) menguji tingkat validitas dan reliabiltas alat pengukuran dan syarat lainnya, (6) merevisi (atau menyusun kembali) alat pengukur berdasarkan hasil uji coba, (7) mengadakan pengukuran (pengambilan data) kepada subjek penelitian jika instrument sudah benar-benar valid dan reliable”.
Tahap awal dari penyusunan instrument adalah penyusunan kisi-kisi. Kisi-kisi bisa dipahami sebagai acuan atau pedoman untuk membuat instrument. Penyusunan kisi-kisi harus didasarkan pada konsep yang melekat pada variabel penelitian. Syarat ini cukup penting sehingga kisi-kisi nantinya dapat dipertanggungjawabkan. Pada langkah penyusunan kisi-kisi, peneliti tidak bisa melepaskan diri dari definisi konseptual dari variabel yang akan ditelitinya. Berangkat dari definisi inilah, peneliti akan dapat memerinci definisi konsep menjadi sub-variabel dan dijabarkan lebih lanjut menjadi indicator-indikator.
Misalnya, seseorang akan mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Pembuatan kisi-kisi motivasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Kisi-kisi Instrumen Motivasi Belajar Matematika
  1. Tujuan : Untuk mengukur tingkat motivasi siswa dalam belajar matematika di dalam lingkungan belajarnya (sekolah, rumah, dan masyarakat).
  2. Kisi-kisi:






1)      Definisi Konseptual    :
Motivasi belajar adalah kondisi psikologis manusia yang merupakan daya penggerak atau pendorong yang muncul pada diri seseorang baik karena dorongan dari dalam (faktor intrinsik) maupun dari luar (fakstor ekstrinsik) yang mengakibatkan ia memiliki usaha, kemauan yang keras, menikmati apa yang ia kerjakan, melaksanakan tugas-tugas yang sulit, dan melakukan langkah-langkah apa saja yang ia anggap dapat menjadikannya sungguh-sungguh untuk mencapai keberhasilan mencapai tujuan atau prestasi belajar yang ia inginkan.
2)      Aspek (sub-Variabel)
(a)    Daya penggerak dari dalam diri siswa (faktor intrinsik)
(b)   Daya penggerak dari luar diri siswa (faktor ekstrinsik)
(c)    Usaha yang kuat dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran
(d)   Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan pembelajaran
(e)    Kehadiran selama mengikuti pembelajaran matematika
(f)    Keaktifan dalam kegiatan pembelajaran
(g)   Kesediaan untuk belajar di luar sekolah
(h)   Timbulnya perasaan nikmat dan suka selama belajar matematika
(i)     Keuletan dalam mengerjakan tugas-tugas
(j)     Orientasi terhadap tugas-tugas yang menantang

3)      Jenis Instrumen           : Angket
4)      Banyaknya Butir         :
(a)    Daya penggerak dari dalam diri siswa (faktor intrinsik)   : 4
(b)   Daya penggerak dari luar diri siswa (faktor ekstrinsik)    : 4
(c)    Usaha yang kuat dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran            : 4
(d)   Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan pembelajaran : 4
(e)    Kehadiran selama mengikuti pembelajaran matematika   : 4
(f)    Keaktifan dalam kegiatan pembelajaran   : 4
(g)   Kesediaan untuk belajar di luar sekolah   : 4
(h)   Timbulnya perasaan nikmat dan suka selama belajar matematika            : 4
(i)     Keuletan dalam mengerjakan tugas-tugas            : 4
(j)     Orientasi terhadap tugas-tugas yang menantang  : 4
No
Aspek/ faktor
Indikator
No Item Angket
Jumlah
+
-
+
-
Jumlah
1
Daya penggerak dari dalam diri siswa
a.       Perasaan senang terhadap matematika
b.       Belajar atas kemauan sendiri
c.        Keinginan siswa untuk bisa matematika
d.       Dorongan cita-cita
1





4



2

3
2
2
4
2
Daya penggerak dari luar diri siswa
a.    Dorongan dari orang tua
b.    Dorongan untuk mendapat hadiah
c.     Dorongan untuk berprestasi
d.    Dorongan untuk mendapat pujian
5

6





7

8
2
2
4
3
Usaha yang kuat dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran
a.   Perhatian selama kegiatan pembelajaran matematika
b.   Membuat catatan pelajaran
c.    Mengerjakan latihan yang diberikan guru di kelas
d.   Diskusi dengan teman lain
9







12



10

11
2
2
4
4
Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan pembelajaran
a.    Mendapat nilai yang baik
b.    Penguasaan terhadap materi pelajaran
c.    Keinginan untuk menjadi ahli matematika
d.    Perbaikan nilai


14


15


13






16

2
2
4
5
Kehadiran selama mengikuti pembelajaran matematika
a.    Kehadiran selama jam pelajaran matematika
b.    Ketika terjadi halangan pada saat jam pelajaran matematika
c.    Keikutsertaan dalam les matematika

d.    Kehadiran ketika ada jam tambahan

17


18





19


20

2
2
4
6
Keaktifan dalam kegiatan pembelajaran
a.   Bertanya ketika ada materi yang tidak dipahami
b.   Belajar mandiri ketika jam pelajaran matematika kosong
c.    Mencari buku pendukung lain di luar buku paket
d.   Membantu siswa lain yang belum paham
21





23



22





24
2
2
4
7
Kesediaan untuk belajar di luar sekolah
a.   Belajar mandiri di rumah
b.   Bertanya kepada tetangga jika ada kesulitan belajar matematika
c.    Datang ke perpustakaan atau warnet untuk mencari sumber belajaran matematika
d.   Mengikuti siaran matematika di televisi
25

26







27


28







2







2







4
8
Timbulnya perasaan nikmat dan suka selama belajar matematika
a.   Merasa ketagihan untuk belajar matematika
b.   Puas jika bisa mengerjakan soal yang sulit
c.    Pandangan terhadap pelajaran yang lain
d.   Menyenangi permainan yang berkaitan dengan angka (matematika)
29


30






31


32
2
2
4
9
Keuletan dalam mengerjakan tugas-tugas
a.   Ketekunan dalam mengerjakan PR
b.   Tidak mudah putus asa dalam menghadapi soal yang sulit
c.   Tepat waktu ketika pengumpulan tugas
d.   Melakukan catatan perbaikan jika melakukan keslahan dalam mengerjakan tugas






35

36
33

34





2





2





4
10
Orientasi terhadap tugas-tugas yang menantang
a.   Tertarik dalam menghadapi soal-soal yang sulit
b.   Lebih memilih mengerjakan soal-soal yang sulit daripada soal yang mudah

c.   Mau menerangkan kepada teman-teman yang tidak bisa mengerjakan soal-soal yang sulit
d.   Mencari atau membuat bank soal matematika
37








39




38









40
2
2
4

20
20
40

C.    Metode Pengumpulan Data
Budiyono (2003: 47) mengatakan bahwa “Metode pengumpulan data dapat diartikan sebagai cara-cara yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Selanjutnya, instrument pengambil data adalah alat bantu yang digunakan dalam kegiatan pengumpulan data agar proses pengambilan data lebih sistematis dan mudah”.
Metode pengumpulan data yang banyak dipakai dalam penelitian pendidikan adalah metode angket, metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan adalah lembar angket, soal tes, pedoman wawancara, lembar observasi, daftar skala. Lebih lengkapnya lihat table berikut ini
Nomor
Metode
Instrumen
1
Angket
Angket, daftar cek, daftar skala
2
Wawancara
Pedoman wawancara, daftar cek
3
Observasi
Lembar observasi
4
Tes
Soal tes
5
Dokumentasi
Lembar dokumentasi, daftar cek
Sumber: Budiyono (2003: 47)

1.      Angket atau kuisioner
Budiyono (2003: 47) mengatakan bahwa “metode angkat adalah cara pengumpulan data melalui pengajuan pertanyaan-pertanyaan tertulis kepada subjek penelitian, responden, atau sumber data dan jawabannya diberikan pula secara tertulis”. Pengertian lain dari angket atau kuisioner adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui. Kuisioner juga merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.
Kuisioner merupakan teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang diharapkan responden. Di samping cocok digunakan bila jumlah responden cukup besar, dan tersebar di wilayah yang luas.
Secara umum, angket dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut.
a.       Angket terbuka (angket tidak berstruktur) adalah angket yang disajikan dalam bentuk sederhana sehingga responden dapat memberikan isian sesuai dengan kehendak dan keadaannya.
Angket terbuka menghendaki responden untuk memberikan jawaban secara bebas. Biasanya yang dikehendaki adalah pendapat dari responden tersebut.

Contoh
1.      Bagaimakah pendapatmu mengenai sikap dan cara guru dalam mengajar di kelas?
2.      Apa yang kamu lakukan jika tidak memahami penjelasan guru?
3.      Kegiatan apa sajakah yang kamu lakukan ketika di rumah?
4.      Apakah kamu pernah ikut seminar tentang motivasi? Bagaimana komentarmu terhadap kegiatan tersebut?
5.      Dsb

b.      Angket Tertutup.
Budiyono (2003: 59) mengatakan bahwa “Pada angket tertutup, jawaban atau pertanyaan yang diajukan telah tertentu atau telah diarahkan oleh peneliti”.

Contoh angket isian singkat
1.      Setiap hari saya belajar matematika selama … jam, yaitu dari jam …. Sampai dengan jam….   .
2.      Saya berangkat ke sekolah pada pukul …
3.      Hobi saya adalah …..
4.      Dst…………………

c.       Chek list (angket berstruktur) adalah angket yang disajikan dalam bentuk sedemikian rupa sehingga responden diminta untuk memilih satu jawaban yang sesuai dengan karakteristik dirinya dengan memberikan tanda silang (x) atau tanda check list (centang). Check list atau daftar cek adalah suatu daftar yang berisi subjek dan aspek-aspek yang diamati.
Contoh angket berupa daftar cek
Berikan tanda centang (√) pada tempat yang sesuai dengan pendapat kamu.
Nomer
Pertanyaan
Ya
Tidak
1
Saya menyukai matematika


2
Setiap hari saya belajar matematika


3
Setiap hari saya mengerjakan PR dan latihan soal matematika


4
Orang tua menegur jika saya tidak belajar


5
Saya mendapatkan hadiah jika memperoleh nilai yang baik


6
…………. Dst



d.      Angket bentuk pilihan ganda
Budiyono (2003: 50) mengatakan bahwa “Bentuk pilihan ganda ialah bentuk dimana pihak pengisi angket tinggal melingkari atau menyilang pada 4 atau 5 alternatif jawaban yang disediakan”
Contoh
1.      Apakah saudara termasuk orang yang suka membaca buku?
a) Ya                  b) Tidak
2.      Jika ya, sudah berapa buku yang saudara baca dalam 1 bulan?
a)      Kurang dari 1 buku                 c) 3 buku
b)      1 - 2 buku                                d) lebih dari 3 buku
3.      Mata pelajaran yang paling saya sukai adalah….
a)      Matematika
b)      Agama
c)      IPS
d)     IPA
e)      Bahasa Indonesia
4.      ……………… dst

e.       Bentuk Skala
Bentuk skala yang banyak dipakai adalah skala likert. Skala ini biasanya dipisahkan ke dalam 5 bagian yang terdiri dari “sangat setuju”, “setuju”, “netral”, “tidak setuju”, dan “sangat tidak setuju”. Dalam pengembangannya skala ini dapat ditambah menjadi 7 bagian, yaitu: “sangat setuju sekali”, “sangat setuju”, “setuju”, “netral”, “tidak setuju”, “sangat tidak setuju”, dan “sangat tidak setujun sekali”.
Dalam proses kuantifikasi (perhitungan), maka jawaban itu dapat diberi skor, misalnya:
1)      Untuk pernyataan yang bernilai positif
Misalnya : Siswa harus belajar giat meskipun tidak ada ulangan.
1
Sangat setuju
5
2
Setuju
4
3
Netral/ Ragu-ragu
3
4
Tidak setuju
2
5
Sangat tidak setuju
1

2)      Untuk pernyataan yang bernilai negative
Misalnya : Siswa dapat meninggalkan kelas, jika guru berhalangan hadir untuk mengajar.
1
Sangat setuju
1
2
Setuju          
2
3
Netral/ Ragu-ragu
3
4
Tidak setuju
4
5
Sangat tidak setuju
5

Angket dalam bentuk skala dapat berupa pilihan ganda atau cek list.

Contohnya adalah sebagai berikut ini.
1.      Semua siswa, mulai tahun ajaran depan akan mendapatkan bebas biaya sekolah dan mendapat buku pelajaran gratis dari pemerintah.
A
Sangat Setuju
B
Setuju
C
Ragu-ragu
D
Tidak Setuju
E
Sangat Tidak Setuju

2.      Berikan pendapatmu untuk beberapa pernyataan berikut ini!
No
Pertanyaan
Jawaban
SS
ST
R
TS
STS
1
Semua siswa yang melanggar aturan akan mendapat sangsi yang tegas.





Keterangan:
SS                    : Sangat setuju
ST                    : Setuju
R                     : Ragu-ragu
TS                    : Tidak Setuju
STS                 : Sangat tidak setuju

Selain skala sikap seperti yang telah dituntukkan di atas, ada pula pilihan yang berupa “Selalau” Sering”, Kadang-kadang”, dan “tidak pernah”. Penskoran pada skala bentuk tersebut hampir sama dengan penskoran sebelumnya.
Pernyataan Positif

Pernyataan Negatif
A
Selalu
4

A
Selalu
1
B
Sering
3

B
Sering
2
C
Kadang-kadang
2

C
Kadang-kadang
3
D
Tidak pernah
1

D
Tidak pernah
4


Contoh
  1. Pada saat kamu belajar matematika, tentunya kamu akan menemui kesulitan dalam mengerjakan soal-soalnya. Pada saat demikian kamu akan menyerah dan tidak mau meneruskan untuk belajar matematika.
a. selalu
c.kadang-kadang

b. sering
d. tidak pernah

  1. Kamu memiliki keinginan untuk benar-benar menguasai matematika karena mungkin cita-cita kamu nantinya akan dapat terwujud jika kamu dapat menguasai matematika. Menyadari hal ini kamu terpacu untuk belajar matematika dengan sungguh-sungguh.
a. selalu
c.kadang-kadang

b. sering
d. tidak pernah

f.       Bentuk Skala Guttman
Skala pengukuran dalam tipe ini, akan diperoleh jawaban yang berupa: “Ya-Tidak”, “Benar-Salah”, “Pernah-Tidak Pernah”, “Positif-Negatif”, “Setuju-Tidak Setuju”, dan lain-lain. Skala ini digunakan jika peneliti menginginkan jawaban yang tegas dari suatu permasalahan yang ditanyakan kepada responden.
Contoh
1.      Bagaimana pendapat Anda, jika matematika dihilangkan dari mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional?
a.       Setuju                        b. Tidak Setuju
2.      Apakah Anda pernah mengunjungi P4TK Matematika?
a.       Pernah                       b. Tidak pernah
3.      Apakah Anda memiliki HP yang dapat terkoneksi dengan internet?
a.       Ya                             b. Tidak
4.      Perbuatan seperti apakah mencontek itu?
a.       Benar                                    b. Salah
5.      …….. Dst

Dalam penyusunan angket ada beberapa hal yang harus diperhatika, di antaranya adalah pendapat dari Sugiyono dalam Uma Sakaran sebagai berikut:
1.       Isi dan tujuan pertanyaan.
2.      Bahasa yang digunakan.
3.      Tipe dan bentuk pertanyaan.
4.      Pertanyaan tidak mendua.
5.      Tidak menanyakan yang sudah lupa.
6.      Pertanyaan tidak menggiring.
7.      Panjang pertanyaan.
8.      Urutan pertanyaan.
9.      Prinsip pengukuran atau aturan penskoran.
10.  Penampilan fisik angket.

2.      Wawancara
Sebagaimana dipahami oleh masyarakat luas, wawancara adalah suatu cara pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya dan lebih mendalam pada responden yang jumlah sedikit melalui kegiatan Tanya jawab. Secara umum wawancara dapat dijadikan sebagai alat pengumpulan data yang lebih valid atau akurat. Hal ini disebabkan pada wawancara, peneliti dapat menggali informasi yang lebih mendalam dari respondennya asalkan responden mau menjawab dengan jujur dan terbuka. Memang, titik kesulitan dan tantangan dari cara ini adalah bagaimana membuat responden mau terbuka, sehingga informasi dapat tergali lebih mendalam.
Sutrisno Hadi dalam Sugiyono (2010: 194) mengemukakan anggapan yang perlu dipegang oleh peneliti dalam menggunakan metode interview adalah sebagai berikut:
a)      Responden adalah orang yang paling tahu tentang dirinya.
b)      Responden dapat dipercaya.
c)      Responden dan peneliti memiliki interpretasi yang sama tentang pertanyaan-pertanyaan.
Berdasarkan sifat pertanyaan, wawancara dapat dibedakan atas:
a.       Wawancara terstruktur
Wawancara terstruktur adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah tersusun. Dengan wawancara terstruktur ini setiap responden diberi pertanyaan yang sama. Dalam bentuk wawancara ini, mempersiapkan instrument pertanyaan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh peneliti. Instrument wawancara akan terdiri dari sejumlah pertanyaan serta alternative jawabannya.
Contoh.
Berikut ini disajikan wawancara terstruktur untuk mengetahui tanggapan orang tua terhadap Ujian Nasional dan Lembaga Bimbingan Belajar.
1.      Bagaimanakah pendapat Anda tentang pelaksanaan Ujian Nasional? Setujukah Anda?
a.       Setuju
b.       Tidak Setuju


2.      Banyak orang tua membantu anaknya mempersiapkan diri mengikuti Ujian Nasional dengan mengikutkan mereka di Lembaga Bimbingan Belajar. Apakah Anda juga demikian?
a.       Ya
b.       Tidak


3.      Bagaimana tanggapan Anda terhadap persiapan Ujian Nasional yang dilakukan sekolah anak Anda?
a.       Persiapannya bagus
b.       Biasa saja
c.        Persiapannya kurang
d.       Tidak ada persiapan
4.      ……………… dst

b.      Wawancara tidak terstruktur
Wawancara tidak terstruktur adalah wawancara yang bebas dimana peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis dan lengkap untuk pengumpulan datanya. Pedoman wawancaranya berupa garis-garis besar permasalahan yang ditanyakan.
Kelebihan dari wawancara tidak terstruktur ini adalah peneliti dapat menggali informasi dengan lebih tajam, mendalam, dan akurat. Hal ini disebabkan karena pertanyaan dapat berkembang dan mungkin peneliti memperoleh fakta-fakta baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dengan teknik ini, biasanya proses wawancara akan mengalir dengan sangat baik dan menyenangkan.

Dalam melakukan wawancara, baik yang dilakukan dengan face to face maupun dengan pesawat telepon akan selalu terjadi kontak pribadi. Oleh karena itu harus memahami situasi dan kondisi responden.
Dalam proses wawancara, peneliti berkewajiban untuk dapat mendokumentasikan hasil wawancara dengan cara yang baik. Pada waktu yang lalu, wawancara tidak banyak menjadi pilihan pengumpulan data karena adanya kendala pendokumentasiaan ini. Dulu hasil wawancara hanya ditulis dan diingat saja. Inilah yang menimbulkan kesulitan tersendiri. Namun, sekarang ini kendala yang demikian sudah dapat teratasi dengan kemajuan teknologi. Sudah banyak tersedia alat perekam suara yang dapat digunakan untuk mendokumentasikan hasil wawancara. Dengan demikian, proses wawancara akan menjadi hal yang menyenangkan.

3.      Observasi
Di dalam artian penelitian observasi adalah mengadakan pengamatan secara langsung, observasi dapat dilakukan dengan tes, kuisioner, ragam gambar, dan rekaman suara. Pedoman observasi berisi sebuah daftar jenis kegiatan yang mungkin timbul dan akan diamati.
Sutrisno Hadi (1986) mengemukakan bahwa observasi merupakan suatu proses kompleks, suatu proses yang tersusun dari perbagai proses biologis dan psikologis. Observasi adalah melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian bersifat perilaku dan tindakan manusia, fenomena alam, proses kerja dan penggunaan responden kecil.
Dari segi proses pelaksanaan pengumpulan data, observasi dapat dibedakan menjadi:
a.       Observasi berperan serta
Dalam observasi ini, peneliti terlibat dengan kegiatan sehari-hari dengan orang yang diamati. Dengan tergabungnya pengamat dalam ruang lingkup objek yang diamati, akan menjadikan pengamat lebih paham secara detail apa yang terjadi pada objek pengamatannya.
b.      Observasi non participant
Dalam observasi ini, peneliti hanya sebagai pengamat independen. Kelemahan dari teknik ini adalah, pengamat tidak dapat memperoleh data yang mendalam. Dia hanya dapat memotret apa yang terjadi di luar (kulitnya) saja, namun segala sesuatu yang ada di dalam tidak dapat terjangkau.
4.      Tes
Tes adalah cara pengumpulan data dengan menyajikan sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh responden. Metode ini sangat tepat digunakan untuk mengumpulkan data yang melibatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik seseorang. Bentuk instrument yang digunakan adalah tes bentuk pilihan ganda dan uraian. Namun dari kedua bentuk tersebut, yang paling banyak digunakan adalah bentuk pilihan ganda. Pilihan ganda menjadi pilihan karena kemampuannya yang dapat mengungkapkan kemampuan seseorang secara lebih luas. Maksudnya, semua materi dapat tercakup untuk diujikan melalui tes pilihan ganda. Selain itu, pilihan ganda dapat digunakan dalam skala yang luas dan proses penskorannya yang mudah.

5.      Dokumentasi
Dokumentasi, dari asal kata dokumen, yang artinya barang-barang tertulis. Di dalam melaksanakan metode dokumentasi, peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan, notulen rapat, dan sebagainya. Namun tidak semua dokumen dapat dijadikan sebagai alat pengumpulan data. Dokumen resmi yang telah dijamin keakuratannya sajalah yang dapat dijadikan sebagai alat pengumpulan data. Oleh karena itu penyertaan sumber asal dokumen menjadi hal yang wajib untuk ditunjukkan oleh peneliti.
Pada penelitian pendidikan, dokumentasi yang bisa digunakan adalah data-data yang berasal dari data induk sekolah atau dinas pendidikan setempat.

D.    Data Primer dan Data Sekunder
Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya. Dalam hal ini, peneliti terlibat secara langsung untuk memperoleh data tersebut. Metode angket, wawancara, tes, dan observasi adalah metode-metode untuk mendapatkan data primer. Berbeda dengan data sekunder, peneliti tinggal mengambil saja dari sumber dokumen tanpa terlibat langsung dalam proses pemerolehannya.
Dalam penelitian (skripsi), mahasiswa diarahkan untuk lebih banyak menggunakan data primer di banding data sekunder.

E.     Uji Coba Instrumen
Sebelum digunakan dalam proses pengumpulan data, instrumen harus diuji cobakan terlebih dahulu. Tujuan dari uji coba ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan instrumen yang telah dipersiapkan untuk digunakan dalam proses pengumpulan data yang sebenarnya. Berapa butir soal yang digunakan? Pertanyaan ini akan sangat bergantung pada jenis instrumen dan waktu yang disediakan dalam proses pengukuran. Misalnya, Instrumen tes berbentuk pilihan sebanyak 30 butir soal. Instrumen yang dipersiapkan paling tidak adalah 40 – 50 butir soal. Mengapa lebih banyak? Ingat! Instrumen yang baik adalah instrumen yang telah diuji cobakan. Uji coba instrumen meliputi validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda, dan berfungsinya pengecoh. Pada analisis butir instrumen yang demikian, biasanya akan menyebabkan adanya butir soal yang tidak memenuhi indikator terpenuhinya syarat minimal analisis tadi. Sehingga dari 40 soal yang disusun sangat dimungkinkan ada beberapa butir soal yang akan dihilangkan/ dibuang. Akibatnya butir soal akan berkurang. Jika diharapkan dalam penelitian digunakan 30 butir soal dan dari 40 butir soal yang telah dianalisis menyebabkan ada 10 butir yang harus dibuang, maka target 30 butir soal masih bisa dicapai.
Yang perlu dipahami oleh penyusun instrumen adalah harus menentukan terlebih dahulu berapa target butir soal yang akan digunakan dalam pengambilan data (penelitian). Setelah itu membuat soal dengan jumlah butir soal yang lebih banyak untuk selanjutnya akan dianalisis lebih lanjut. Hal berikutnya yang harus pula dipahami dalam penyusunan instrumen adalah dalam tiap indikator harus dibuat minimal 2 butir soal. Mengapa? Jika dilakukan analisis butir soal, 2 butir soal dalam 1 indikator ini masing-masing mempunyai peluang untuk dibuang adalah 50%. Jika dari hasil analisis, ternyata ada 1 butir soal dibuang, maka masih ada 1 butir soal yang memenuhi indikator tersebut. Tapi jika keduanya dibuang, maka indikator tersebut tidak bisa diukur. Sehingga harus menyusun butir soal yang baru dan diuji kembali.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar